Manfaat Interaksi antar mahluk hidup terhadap manusia

Posted: November 10, 2011 in Tugas IPA

Di sekitar kita terdapat berbagai komponen lingkungan, baik benda – benda mati seperti tanah, batuan, air maupun makhluk hidup dengan berbagai jenis dan karakteristiknya. Di sekitar kita juga terdapat manusia lainnya dengan berbagai karakterisk dan perilakunya. Selain itu, terdapat pula daya dan keadaan yang mempengaruhi persepsi, sikap dan perilaku kita. Semua komponen tersebut merupakan lingkungan hidup manusia.

Dalam lingkungan terjadi interaksi antara satu komponen dengan komponen lainnya. Interaksi tersebut berbeda – beda karakteristiknya menurut ruang dan waktu. Hasil dari proses interaksi dapat dilihat dari lingkungan yang dibentuk yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya.

Pada dasarnya manusia dapat bertahan hidup karena kebutuhanya dipenuhi oleh komponen-komponen lingkungan hidup. Sejak dalam kandungan ibunya, lahir, bahkan sampai meninggalpun kita masih juga memerlukan bantuan komponen-komponen lingkungan diluar manusia. Adapun manfaatnya, seperti yang sibawah ini.

Lingkungan adalah kesatuan ruang dengan semua benda,daya,keadaan,dan mahluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan  perikehidupan dan kesejahteraan  manusia serta mahluk hidup lain. Lingkungan terdiri atas komponen lingkungan alam,dan lingkungan sosial budaya.Lingkungan terdiri atas lingkungan biotik dan abiotik. Lingkungan binaan merupakan lingkungan hasil rekayasa manusia. Lingkungan sosial budaya merupakan lingkungan hidup manusia yang melakukan interaksi dengan sesamanya.

Manusi hidup dengan lingkumngannya dan melakukan interaksi dengan komponen lainnya. Seiring dengan perkembangan IPTEK,manusia cenderung lebih dominan dibandingkan dengan mahluk lainnya. Akibatnya muncul kerusakan lingkungan yang dampak negatipnya kembali kepada manusia.Karena itu,upaya menjaga dan melestarikan fungsi lingkungan pada dasarnya adalah juga untuk kepentingan manusia sendiri.

Karena kita semua saling membutuhkan satu sama lain, antara mahluk hidup dan lingkungannya maka dari saat ini kita wajib saling menjaga.

disusun oleh :

Septi Mustikawati

XII Pemasaran 3 Bandung

septimustikawati@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s