Manfaat Interaksi antara Makhluk Hidup dan Manusia

Posted: November 11, 2011 in Tugas IPA

NAMA : STEFINA MANGINTE

KELAS : XII PEMASARAN 3

TUGAS IPA BIOLOGI

Sebagai manusia, kita secara kolektif cenderung menjadi egois dan tidak berpikir di luar lingkup pengaruh kita. Lebih khusus, jika sesuatu di dunia tidak langsung mempengaruhi kita, kita memberikan perhatian sedikit atau tidak ada untuk itu (saya salah satu penyebab terburuk, sendiri). Dengan demikian, sangat mudah bagi kita untuk tidak berpikir tentang apa pemborosan manusia dan pemanasan global lakukan untuk pabrik kami dan kehidupan binatang. Beberapa hubungan simbiosis yang berarti bahwa kedua simbion sepenuhnya bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup. Sebagai contoh, banyak lumut terdiri dari simbion jamur dan fotosintesis yang tidak bisa hidup sendiri. Lain fakultatif, yang berarti bahwa mereka dapat, tetapi tidak harus hidup dengan organisme lain.

POLA INTERAKSI

Di alam ekosistem terdapat pola interaksi sbb: 1. Kompetisi, terjadi karena memperebutkan makanan yang sama, memperebutkan habitat yang sama atau memperebutkan pasangan untuk berkembang biak.

HUBUNGAN ANTARA KOMPONEN BOITIK DAN ABIOTIK YANG  SALING KETERGANTUNGAN

A. Komponen biotik bergantung pada komponen abiotik,contoh: 1) manusia, hewan dan tumbuhan memerlukan oksigen untuk bernapas, 2) tumbuhan hijau memerlukan karbondioksida, air dan cahaya matahari untuk proses fotosintesis, 3) ikan hiu memerlukan air laut sebagai habitatnya.

B. Komponen biotik mempengaruhi komponen abiotik, contoh: 1) cacing tanah dapat menggemburkan tanah, 2) akar pepohonan dapat menyerap dan menahan air hujan

SALING KETERGANTUNGAN ANTAR KOMPONEN BOITIK

A.Rantai Makanan, adalah peristiwa makan dan dimakan dalam urutan tertentu yang membentuk rangkaian lurus sederhana dan tidak bercabang-cabang. Perhatikan skema berikut:

Produsen Konsumen I Konsumen II Konsumen III Pengurai Contoh rantai makanan:

1)Fitoplakton→ zooplakton→ ikan kecil→ penyu pemakan daging→ pengurai 2)Padi→ tikus→ ular sawah→ elang→ pengurai 3)Daun→ ulat→ burung→ elang→ pengurai

B.Jaring-jaring Makanan, adalah kumpulan beberapa rantai makanan yang saling berhubungan.

C.Piramida Makanan, adalah komposisi rantai makanan yang makin ke atas jumlahnya makin kecil. Burung Konsumen Tingkat III Elang Burung pemakan Konsumen Tingkat II Serangga / ulat Serangga dan ulat Konsumen Tingkat I pemakan daun Daun-daun tumbuhan hijau Produsen sebagai produsen

D.Arus Energi, adalah perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup yang lain dalam rantai makanan Dalam ekosistem, energi mengalami perpindahan dari cahaya matahari→ produsen→ konsumen pertama→ konsumen kedua→ konsumen ketiga.

E.Daur Zat, adalah perpindahan zat dari satu tempat ke tempat lain dan kembali ke tempat semula. Contoh: daur oksigen, daur nitrogen dan daur karbon.

PELESTARIAN EKOSISTEM

Agar ekosistem yang ada di alam ini tetap seimbang maka kelestarian ekosistem harus dijaga yaitu dengan cara menjaga keanekaragaman makhluk hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s